Jumat, 08 Juni 2018

STRATEGI BISNIS SISTEM INFORMASI


       PERANAN SISTEM INFORMASI  DALAM BISNIS SAAT INI

    
    YENI FITRI
    171400026
    STRATEGI BISNIS SISTEN INFORMASI (SBSI)
    STMIK INDONESIA PADANG



a            A.Peranan Sistem Informasi Dalam Bisnis Saat Ini
1.      Sistem Informasi Merubah Bisnis
Agsh 89 juta orang di Amerika mengakses internet menggunakan perangkat mobile pada tahun 2010, hampir setengah total populasi pengguna Internet (Marketer, 2010). Ada 285 juta pelanggan ponsel di Amerika Serikat, dan hampir 5 miliar di seluruh dunia (Dataxis, 2010). Pada bulan Juni 2010, lebih dari 99 juta di seluruh dunia memiliki bisnis dot-com Situs internet yang terdaftar (Verisign, 2010). Hari ini, 162 juta orang Amerika melakukan onlineshop, dan 133 juta telah dibeli secara online. Setiap hari sekitar 41 juta Amerika menggunakan online untuk penelitian produk atau layanan. Sebagai pembaca surat kabar kini terus menurun, lebih dari 78 juta orang menerima berita online.
Sekitar 39 juta orang menonton video online setiap hari, 66 juta membaca blog, dan 16 juta posting ke blog, menciptakan ledakan penulis baru dan bentuk-bentuk baru dari umpan balik pelanggan yang tidak ada pada lima tahun lalu (Pew, 2010).
Situs jejaring sosial Facebook menarik 134 juta per bulan pengunjung pada tahun 2010 di Amerika Serikat, dan lebih dari 500 juta di seluruh dunia. Bisnis kini mulai menggunakan alat jaringan sosial untuk menghubungkan karyawan mereka, pelanggan, dan manajer di seluruh dunia. Banyak perusahaan Fortune 500 sekarang memiliki Halaman facebook.Resesi, e-commerce dan iklan Internet terus diperluas. Pendapatan iklan online Google melampaui US $ 25 miliar tahun 2009, dan Internet iklan terus tumbuh pada lebih dari 10 persen per tahun, mencapai lebih dari $ 25 miliar pendapatan pada tahun 2010.

            2. Hal baru pada Sistem Informasi Manajemen
Apa yang membuat sistem informasi manajemen topik paling menarik dalam bisnis adalah perubahan yang terus-menerus dalam teknologi, manajemen penggunaan teknologi, dan dampak pada keberhasilan bisnis. Bisnis baru dan industri
muncul, tua yang menurun, dan perusahaan yang sukses adalah mereka yang belajar bagaimana menggunakan teknologi baru.
Di bidang teknologi ada tiga perubahan yang saling terkait: muncul platform digital mobil
, pertumbuhan perangkat lunak online sebagai layanan, danpertumbuhan “cloud computing” di mana semakin banyak perangkat lunak bisnis berjalan melalui Internet. IPhones, iPads, BlackBerry, dan Web-surfing di netbook tidak hanya gadget atau tempat hiburan. Mereka mewakili platform komputasi baru yang muncul berdasarkan berbagai hardware dan software baru teknologi.
             B. Perspektif Dalam Sistem Informasi
Teknologi informasi (IT) terdiri dari semua perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan suatu perusahaan untuk digunakan dalam rangka mencapai tujuan usahanya.Ini tidak hanya mesin komputer, perangkat penyimpanan, dan perangkat mobil genggam, tetapi juga perangkat lunak, seperti Windows atau sistem operasi Linux, Microsoft Office produktivitas suite desktop, dan ribuan program komputer yang dapat ditemukan di sebuah perusahaan besar yang khas.
1.         Organisasi
Sistem informasi merupakan bagian kesatuan dari organisasi. Elemen-elemen kunci dari sebuah organisasi adalah orang-orangnya, struktur, proses bisnis, politik, dan budaya. Otoritas dan tanggung jawab dalam perusahaan bisnis diatur sebagai hirarki, atau piramida struktur. Tingkat atas hirarki terdiri dari manajerial, profesional, dan karyawan teknis, sedangkan tingkat yang lebih rendah terdiri dari operasionalpersonil.
Manajemen atas membuat keputusan strategis jangka panjang tentang produk dan jasa serta menjamin kinerja keuangan perusahaan. manajemen menengah melaksanakan program dan rencana manajemen senior dan manajemen operasional bertanggung jawab untuk memantau kegiatan sehari-hari bisnis.
2.         Pengelolaan
Pekerjaan manajemen adalah memahami jalan keluar dari banyak situasi yang dihadapi oleh organisasi, membuat keputusan, dan merumuskan rencana aksi untuk memecahkan masalah organisasi. Manajer melihat tantangan bisnis di lingkungan, mereka mengatur strategi organisasi untuk menanggapi tantangan tersebut, dan mereka mengalokasikan sumber daya manusia dan keuangan untuk mengkoordinasikan pekerjaan dan mencapai sukses. Namun, manajer harus melakukan lebih dari mengelola apa yang sudah ada. Mereka harus juga menciptakan produk dan layanan baru dan bahkan menciptakan kembali organisasi dari waktu demi waktu. Sebagian besar dari tanggung jawab manajemen adalah karya kreatif didorong oleh pengetahuan dan informasi baru.
3.         Teknologi Informasi
Teknologi informasi adalah salah satu alat yang digunakan oleh manajer untuk mengatasi perubahan. Perangkat keras komputer adalah peralatan fisik yang digunakan untuk input, pengolahan, dan kegiatan output dalam sebuah sistem informasi. Yang terdiri dari: komputer dari berbagai ukuran dan bentuk (termasuk perangkat genggam mobile), berbagai perangkat input, output, dan penyimpanan, dan perangkat telekomunikasi link komputer bersama. Perangkat lunak komputer secara terinci terdiri dari, perintah yang telah terprogram atas kontrol dan koordinasi dari komponen perangkat keras komputer dalam sistem informasi. Teknologi manajemen data terdiri dari perangkat lunak yang mengatur organisasi data pada media penyimpanan fisik.
          C.    Pendekatan Kontemporer Terhadap Sistem Informasi
1.      Pendekatan Teknis
Variabel Pendekatan teknis untuk sistem informasi menekankan berdasarkan model matematisuntuk mempelajari sistem informasi, serta teknologi fisik dan kemampuan formal.

2.      Pendekatan Perilaku
IniBagian penting dari bidang sistem informasi yang bersangkutan dengan masalah perilaku yang timbul dalam pengembangan dan pemeliharaan jangka panjang sistem Informasi. Isu-isu seperti integrasi strategis bisnis, desain, pelaksanaan, pemanfaatan, dan manajemen tidak dapat dieksplorasi dengan model yang digunakan dalam pendekatan teknis. Pendekatan perilaku tidak mengabaikan teknologi. Memang, teknologi sistem informasi sering stimulus untuk masalah perilaku atau masalah. Tetapi fokus dari pendekatan ini umumnya bukan pada solusi teknis. Sebaliknya, berkonsentrasi pada perubahan sikap, manajemen dan kebijakan organisasi, dan perilaku.

3.      Pendekatan sociotechnical
Studi tentang sistem informasi manajemen (MIS) muncul untuk fokus pada penggunaan sistem informasi berbasis komputer dalam perusahaan bisnis dan lembaga pemerintah. MIS menggabungkan karya ilmu komputer, manajemen ilmu pengetahuan, dan riset operasi dengan orientasi praktis untuk mengembangkan solusi system mengenai masalah dunia nyata dan mengelola informasi sumber daya teknologi. Hal ini juga berkaitan dengan perilaku isu seputar pengembangan, penggunaan, dan dampak dari sistem informasi, yang biasanya dibahas dalam bidang sosiologi, ekonomi, dan psikologi.
             D.    Kesempatan Menuju Globalisasi
Masuknya Internet ke dalam sistem informasi internasional telah menurunkan biaya operasi pada tingkat global secara drastis. Pelanggan bisa berbelanja di pasar global, dengan harga dan informasi yang andal selama 24 jam sehari.Kehadiran internet sebagai tren komunikasi di dunia internasional telah mengurangi biaya operasional dan transaksi bisnis, secara global dan dramatis.globalisasi ini mendatangkan tantangan sekaligus peluang bagi organisasi bisnis, Perusahaan-perusahaan memproduksi barang dan jasa secara global demi menekan biaya seminimal mungkin, mencari pemasok dengan harga murah, pengelolan fasilitas  produksi di negara lain. Internet juga memicu kehadiran model sistem informasi baru seperti kemunculan platform digital mobile, layanan perangkat lunak secara online dan cloud computing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar